• YUK DAFTAR !

  • INFO PPDB

  • Penerimaan Peserta Didik Baru

  • Kontak

  • Irfani Values

  • Sekolah Wirausaha

EKSTRAKURIKULER SAIR (SENI ANAK IRFANI)


Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Irfani QBS merupakan suatu kegiatan yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat siswa. Mata Pelajaran Seni Budaya ini di Irfani QBS tidak lagi menjadi sebuah mata pelajaran yang berdiri sendiri tetapi menjadi satu kesatuan dalam sebuah pembelajaran tematik. 

Diperlukan kegiatan tambahan di luar jam sekolah yang dapat memberi kesempatan bagi para siswa  untuk melakukan beragam pengalaman praktik berkesenian seperti senimusik, seni rupa, ataupun seni teater. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Kesenian lebih menekankan pada aktivitas “belajar sambil melakukan” (learning by doing), sebagai upaya keberanian siswa untuk mengekspresikan ide atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni rupa, ataupun seni teater. Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. 

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian diharapkan dapat menjadi salah satu wadah dalam upaya menanamkan pembentukan nilai-nilai karakter peserta didik untuk melakukan perubahan perilaku, seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, dan toleransi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu panduan teknis ekskul yang dapat digunakan oleh para guru di sekolah.

YUK LIHAT KEGIATAN EKSKUL SAIR (SENI ANAK IRFANI) :
PART 1 : Ekstrakurikuler SAIR (Seni Anak Irfani) Mengasyikan! - di Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis
PART 2 : Ekstrakurikuler Kesenian SAIR Seni Anak Irfani Mengasyikan! di Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis





EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

   


Pramuka adalah kegiatan ekstrakulikuler wajib di Irfani QBS. Dengan mengikuti kegiatan ini, siswa/siswi diharapkan mendapat 6 manfaat kepramukaan, yaitu :

  1. Lebih Percaya Diri. Dengan dikelilingi sesama anggota pramuka yang saling mendukung, anak jadi lebih berani, percaya diri, dan berempati.
  2. Mendukung Perkembangan Emosional Sosial. Melatih anak berpendapat, menyelesaikan konflik melalui diskusi, mengungkapkan emosi secara positif, menghargai perbedaan, mengenali isyarat nonverbal, dan berbagai keterampilan lain yang mendukung perkembangan sosial emosionalnya.
  3. Menumbuhkan Tanggung-jawab dan Disiplin. Menurut The Scout Association, manfaat ikut pramuka ini bukan hanya mendukung pendidikan anak di sekolah, tapi juga menjadi kualitas pribadi yang penting agar bisa sukses dalam hidup dan karier di masa depan.
  4. Belajar Keterampilan Hidup. Menurut informasi dalam situs resmi Girl Scouts of the USA, anggota pramuka dilatih untuk menjalin hubungan sehat, literasi keuangan, hidup sehat, serta berkontribusi melakukan perubahan positif masyarakat.
  5. Leadership. Hasil studi yang dilakukan Tufts University menyatakan, salah satu manfaat pramuka bagi anak adalah besarnya kesempatan mengasah jiwa kepemimpinan dalam berbagai kegiatan .
  6. Sehat Mental dan Fisik. Dalam studi yang dilansir oleh US Forest Service, beraktivitas di alam bebas baik untuk kesehatan mata, pernapasan, jantung, dan otot.
YUKI LIHAT KEGIATAN EKSKUL PRAMUKA -> EKSKUL PRAMUKA SERU !! - Ekstrakurikuler Pramuka Irfani QBS




TAHFIDZ AL-QUR'AN

 



 

Tahfidz Al-Quran terdiri dari dua suku kata, yaitu Tahfidz dan Al-Quran, yang mana keduanya mempunyai arti yang berbeda. 

Pertama, Tahfidz yang berarti menghafal, menghafal dari kata dasar hafal yang dari bahasa arab hafidza - yahfadzu - hifdzan, yaitu lawan dari lupa, yaitu selalu ingat dan sedikit lupa.

Menurut Abdul Aziz Abdul Ra'uf definisi menghafal adalah “proses mengulang sesuatu, baik dengan membaca atau mendengar”. Pekerjaan apapun jika sering diulang, pasti menjadi hafal.”

Kedua, kata Al-Quran, menurut bahasa Al-Quran berasal dari kata qa-ra-a yang artinya membaca, para ulama berbeda pendapat mengenai pengertian atau definisi tentang Al-Quran. Hal ini terkait sekali dengan masing-masing fungsi dari Al-Quran itu sendiri.

Menurut Asy-Syafi'i, lafadz Al-Quran itu bukan musytaq, yaitu bukan pecahan dari akar kata manapun dan bukan pula berhamzah, yaitu tanpa tambahan huruf hamzah di tengahnya. Sehingga membaca lafazh Al-Quran dengan tidak membunyikan ”a”. Oleh karena itu, menurut Asysyafi'i lafadz tersebut sudah lazim digunakan dalam pengertian kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Berarti menurut pendapatnya bahwa lafazh Al-Quran bukan berasal dari akar kata qa-ra-a yang artinya membaca. Sebab kalau akar katanya berasal dari kata qa-ra-a yang berarti membaca, maka setiap sesuatu yang dibaca dapat dinamakan Al-Quran.

Sedangkan menurut Caesar E. Farah, Qur’an in a literal sense means ”recitation,”reading,”. Artinya, Al-Qur‟an dalam sebuah ungkapan literal berarti ucapan atau bacaan.

Sedangkan menurut Mana' Kahlil al-Qattan sama dengan pendapat Caesar E. Farah, bahwa lafazh Al-Quran berasal dari kata qara-a yang artinya mengumpulkan dan menghimpun, qira’ah berarti menghimpun huruf-huruf dan kata-kata yang satu dengan yang lainnya ke dalam suatu ucapan yang tersusun dengan rapi. Sehingga menurut al-Qattan, Al-Quran adalah bentuk mashdar dari kata qa-ra-a yang artinya dibaca.

Kemudian pengertian Al-Quran menurut istilah adalah kitab yang diturunkan kepada Rasulullah saw, ditulis dalam mushaf, dan diriwayatkan secara mutawatir tanpa keraguan. Setelah melihat definisi menghafal dan Al-Quran di atas dapat disimpulkan bahwa Tahfidz Al-Quran adalah proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Quran yang diturunkan kepada Rasulullah saw di luar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan maupun sebagiannya.

Sedangkan program pendidikan menghafal Al-Quran adalah program menghafal Al-Quran dengan mutqin (hafalan yang kuat) terhadap lafazh-lafazh Al-Quran dan menghafal makna-maknanya dengan kuat yang memudahkan untuk menghindarkannya setiap menghadapi berbagai masalah kehidupan, yang mana Al-Quran senantiasa ada dan hidup di dalam hati sepanjang waktu sehingga memudahkan untuk menerapkan dan mengamalkannya.


YUK LIHAT KEGIATAN EKSKUL TAHFIDZ QUR'AN !

PART 1 : Tahfidz Al Qur'an Program (PART 1)

PART 2 : Tahfidz Al Qur'an Program (PART 2) 









EKSKUL HADROH

 


Hadroh adalah alat musik rebana yang di mainkan untuk mengiringi pembacaan sholawat ataupun syair-syair islami.
Hadroh sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Saat baginda nabi hijrah dari Makkah ke Madinah dan disambut gembira oleh orang-orang anshor dengan nyanyian atau syair yang dikenal dengan sholawat “thola’al badru ‘alaina” diiringi oleh hadroh dengan pukulan terbang atau pukulan bertempo cepat.
Hadroh yang pada saat ini sudah mulai banyak digandrungi oleh masyarakat, mulai dari usia anak-anak, remaja bahkan sampai dewasa sudah menjadi trend dikalangan masyarakat. Dalam acara pengajian, hajatan dan acara-acara resmi yang bernuansa islami seni musik ini selalu menjadi pemecah kejenuhan, irama tabuhan rebana yang terstruktur membuat lantunan syair sholawat yang diiringi menjadi lebih syahdu dan menggugah jiwa.
        Ekstra kurikuler hadroh di Pesantren Raudhatul Irfan atau Lembaga Pendidikan Irfani QBS adalah sarana yang memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi untuk mengasah kemampuan dalam bidang seni musik rabbana. Tidak hanya yang memiliki kemampuan, ekstra ini juga mendidik kepada siswa untuk lebih mencintai irama music islami yang berisikan sholawat kepada nabi, dengan pesatnya tehnologi dan perkembangan di bidang musik yang semakin tidak terkontrol dari syair dan lantunan musiknya, sekolah hadir untuk memfasilitasi minat dan bakat siswa di bidang ini.
Salah satu penggagas adanya ekstrakurikuler hadroh di Lembaga Pendidikan Irfani QBS menuturkan bahwa siswa perlu dikenalkan dengan tradisi kesenian islami, yang orang zaman dahulu menyebutkan dengan istilah “sholawatan”, Dengan hadroh juga bisa menjadi syiar yang tertuang dalam syair yang bisa membuat pendengarnya tersentuh hatinya dan bertambah cintanya kepada Rosulullah SAW.

Ekstrakurikuler English Club

     


        Kegiatan ekstrakurikuler English Club merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris terutama kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris atau dalam istilah bahasa Inggris biasa disebut speaking skill. kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi siswa atau memfasilitasi agar bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan tepat, dan untuk membekali siswa dengan keterampilan berbicara yaitu dapat berkomunikasi menggunakan pola-pola bahasa Inggris sesuai dengan situasi dimana seseorang perlu mengungkapkanpikiran, perasaan, dan pendapatnyan. 
        Hal tersebut ternyata sesuai dengan pernyataan yang menjelaskan bahwa kegiatan English Club bertujuan agar siswa bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan dapat berkomunikasi dengan benar menggunakan bahasa Inggris. Siswa di Irfani QBS sebenarnya memiliki bakat dan minat untuk mempelajari bahasa Inggris. Program kegiatan tersebut mengharuskan siswa untuk banyak menghabiskan waktu di sekolah dan terbiasa berkomunikasi dengan teman sebaya menggunakan bahasa Inggirs sehingga kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris cukup untuk dikembangkan. 

EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET

 



        Kegiatan ekstrakurikuler bola basket merupakan salah satu kegiatan di luar jam pelajaran sekolah dan sebagai wahana untuk menampung, menyalurkan dan membina minat, bakat serta kegemaran peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dapat menjadi salah satu motivasi peserta didik dalam mengikuti setiap kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan esktrakurikuler bola basket di Irfani QBS dilaksanakan satu kali dalam satu minggu, yaitu pada hari Sabtu. 

    Bola basket merupakan cabang olahraga beregu di mana bola basket dimainkan oleh dua regu yang terdiri atas lima pemain untuk masing-masing regu dengan tujuan untuk mencetak angka sebanyak-banyaknya. Seperti dijelaskan dalam peraturan permainan, bola basket dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari lima pemain, setiap regu berusaha untuk memasukkan bola ke dalam keranjang lawan yang mencegah regu lawan memasukkan bola atau mencetak angka.

    Bola boleh dioper, dilempar, ditepis, digilingkan atau dipantulkan (driblle) ke segala arah sesuai dengan peraturan (Perbasi, 1994:5). Permainan bola basket diciptakan oleh James A. Naismith salah seorang guru pendidikan jasmani Young Mens Christian Association (YMCA) Springfield, Amerika Serikat pada tahun 1891.



Teknik Dasar Bola Basket

    Pada dasarnya, gerakan yang efisien adalah gerakan yang benar tanpa kehilangan tenaga yang sia-sia. Misalnya pada gerakan mendorong sesuatu, agar efisien, semua otot bekerja ke arah depan, tidak ada otot yang bergerak ke samping, baik otot-otot kaki, paha, badan, lengan dan tangan.

    Dengan demikian semua gerakan efisien adalah gerakan yang mengeluarkan tenaga sedikit mungkin, tetapi menghasilkan kerja yang besar. Pada permainan bola basket, gerakan yang efektif dan efisien perlu didasarkan pada penguasaan teknik dasar yang baik.

Teknik dasar permainan bola basket antara lain:

1. Teknik Menggiring Bola (dribbling)

Menggiring bola adalah salah satu cara yang diperbolehkan oleh peraturan untuk membawa lari bola ke segala arah. Seorang pemain boleh membawa bola lebih dari satu langkah, asal bola sambil dipantulkan baik dengan berjalan maupun berlari.

Menggiring bola merupakan suatu usaha untuk membawa bola menuju ke depan/lapangan lawan. Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah dengan satu tangan (kiri/kanan). Kegunaan menggiring bola adalah untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan, dan memperlambat tempo permainan.

2. Teknik Melempar dan Menangkap Bola

Pada umumnya operan dapat dilakukan dengan cepat, keras, tetapi tidak liar, sehingga dapat dikuasai oleh teman yang akan menerimanya. Operan dapat dilakukan secara lunak, tetapi akan tergantung pada situasi keseluruhan, yaitu kedudukan situasi teman, timing dan taktik yang digunakan.

Memberi operan tidaklah semudah yang diduga, karena kerasnya lemparan, terlalu rendah atau terlalu tinggi operan akan menyulitkan teman untuk menerima bola.



Lapangan, Waktu, dan Jumlah Pemain Bola Basket

Ukuran Lapangan Bola Basket

Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar National Basketball Association dan panjang 26 meter dan lebar 14 meter, untuk standar Federasi Bola Basket Internasional.
Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter, jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai papan, maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1,20-1,40 meter, jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter.
Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter, ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter, sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter. Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter, sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter. Roji, (2007:20). Untuk lebih jelasnya ikuti tautan berikut ini.
Ukuran Lapangan Bola Basket
Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang, sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang, wasit 1 disebut referee sedangkan wasit 2 disebut umpire.
Waktu permainan 4 x 10 menit, di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit, bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor, di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit.
Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik, keliling bola yang digunakan dalam permainan bola basket adalah 75-78 cm, sedangkan berat bola adalah 600-650 gram.
Untuk lebih jelasnya lihat penjelasan khusus mengenai waktu permainan bola basket pada tautan di bawah.


YUK LIHAT KEGIATAN EKSKUL BASKET = OLAHRAGA BASKET MENGASYIKAN !! - Pesantren Raudhatul Irfan SMPIT & SMAIT Irfani QBS




EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI

 


Permainan Bola Voli termasuk salah satu olahraga yang diminati oleh banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah terbentuk organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang bertanggung jawab memantau perkembangan olahraga ini di dalam negeri. Permainan yang satu ini bisa di mainkan oleh siapa saja, secara umum untuk bisa bermain bola voli memerlukan 2 regu masing-masing 6 orang, dan juga lapangan voli, bola beserta net-nya.

Apabila Anda ingin mengenal voli lebih dekat atau bahkan menekuninya dengan serius, ada banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Anda sebaiknya memahami sejarah, teknik dasar, sekaligus peraturan permainan bola voli.
Permainan Bola Voli merupakan olahraga yang menggunakan bola berbahan karet atau kulit dan dimainkan secara berkelompok oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari 6 orang pemain yang area permainannya dipisahkan oleh net.

Tujuan olahraga ini adalah memukul bola hingga melewati net sekaligus menjatuhkannya ke lantai lapangan di area lawan. Cara memukul bolanya pun tidak boleh sembarangan, karena ada teknik-teknik tertentu yang harus dikuasai para pemain.

Permainannya sendiri dibagi menjadi 2-3 babak. Tim yang mendapatkan skor 25 terlebih dahulu akan dinyatakan sebagai pemenang di babak tersebut. Pemenang pertandingan adalah tim yang berhasil memenangkan dua babak.

Teknik Dasar Bola Voli

Bermain voli membutuhkan teknik-teknik tertentu, jadi pemain pun tidak bisa memukul bola seenaknya. Setidaknya ada empat teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain, yaitu servis, passing, smash, dan juga blocking.

1. Servis
Servis adalah memukul bola dari luar garis lapangan untuk memulai permainan. Servis bisa sangat menentukan jalannya permainan, karena itu pukulan bola harus dilakukan dengan kuat dan tepat. Melakukan servis pun tidak boleh sembarangan dan ada tekniknya. Macam-macam servis sebagai berikut.

a. Servis Bawah
Servis ini cocok dilakukan oleh pemula, langkah awalnya dengan memegang bola di tangan kiri, posisikan agak di depan badan dan sejajar pinggang. Tangan kanan (posisi mengepal) kemudian berayun dari belakang ke depan dan memukul bola dari arah bawah.
b. Servis Atas
Servis ini dilakukan dengan posisi bola berada di atas. Servis ini pun bisa dilakukan dengan beberapa jenis teknik, misalnya floating dan jumping service.
c. Floating Service
Floating atau mengapung, artinya pemain melambungkan bola hingga ke atas kepala. Setelah itu, pemain langsung memukulnya hingga bola melesat ke depan dan melewati net.
d. Jumping Service
Sesuai namanya, servis ini dilakukan dengan cara melompat. Pemain melambungkan bola ke atas lalu melompat sambil melakukan pukulan dengan kuat.

2. Passing
Teknik passing dilakukan untuk mengendalikan permainan. Pemain dapat melakukan passing  untuk menerima bola, menangkis, sekaligus mengembalikan serangan lawan. Passing juga berguna untuk mengoper bola atau memberikan umpan kepada rekan satu tim. Sama seperti servis, passing juga dilakukan dengan dua macam cara.

a. Passing Atas
Teknik ini biasanya dilakukan untuk memberikan umpan kepada rekan setim yang akan melakukan smash. Passing atas dilakukan dengan kedua tangan. Bola diterima dengan kedua telapak tangan lalu melambungkannya lagi ke atas atau ke arah yang diinginkan.
b. Passing Bawah
Teknik ini dilakukan ketika bola sudah berada di posisi rendah (di bawah kepala). Teknik inipun dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu satu dan dua tangan.
c. Passing Bawah Satu Tangan
Passing ini dilakukan saat posisi pemain terlalu jauh dari bola. Pemain harus membungkuk dan mengulurkan satu tangan untuk memukul/mengembalikan bola. Tak jarang pemain harus sambil melompat dan terjatuh demi menyelematkan bola.
d. Passing Bawah Dua Tangan
Cara melakukannya dengan menjatuhkan kedua tangan untuk menerima bola yang jatuh tepat di depan pemain. Ada dua teknik yang bisa dilakukan, yaitu the dig dan thumb over palm.

Cara melakukan the dig adalah dengan tangan kanan diletakkan pada telapak kiri. Setelah itu, ibu jari kiri menggenggam jari-jari tangan kanan. Sedikit berbeda dari the dig, thumb over palm dilakukan dengan cara mengepalkan tangan.

Tangan kiri mengepal lalu diletakkan pada telapak kanan. Jari-jari sebelah kanan lalu menggenggam seolah menutup kepalan tangan kiri. Sementara itu, kedua ibu jari berada di bagian atas.

3. Smash atau Spike
Smash termasuk dalam teknik menyerang yang membutuhkan insting, kekuatan tangan, dan juga keakuratan tinggi. Smash bertujuan untuk mematahkan serangan lawan sekaligus untuk mencetak poin. Teknik melakukan smash pun hampir mirip seperti jumping service, yaitu dengan cara melompat dan memukul bola dengan sangat kuat. Setidaknya, ada empat tahap gerakan dalam melakukan smash, yaitu berlari, melompat, memukul bola, lalu mendarat.

Smash sebenarnya cukup sulit untuk dipelajari, tetapi teknik ini bisa menjadi penentu kemenangan apabila tembakannya bagus dan tepat sasaran.  Ada beberapa teknik smash yang bisa Anda pelajari bila ingin menekuni voli, contohnya sebagai berikut :
a. Open Smash
Setelah ada pemain yang memberikan umpan, pemukul (spiker) akan melakukan gerakan awalan, yaitu melangkah lebar lalu melompat ke arah bola. Saat berada di posisi puncak loncatan, spiker langsung memukul bola dengan sangat keras.
b. Quick Smash
Spiker melompat lebih dulu dan siap dalam posisi melakukan smash. Di waktu yang bersamaan, pemain lain langsung memberikan umpan kepada spiker. Teknik ini harus dilakukan dengan cermat karena membutuhkan timing yang tepat.
c. Semi Smash
Spiker berjalan perlahan menuju arah jatuhnya bola. Saat bola berada di posisi sekitar 1 meter di atas net, spiker langsung melompat dan memukul bola ke arah tim lawan.

4. Blocking
Teknik ini berguna untuk menahan serangan sekaligus mencegah agar lawan gagal mencetak poin. Cara melakukan blocking adalah berdiri di dekat net dan harus dalam posisi siap melompat.

Ketika serangan bola datang, pemain harus langsung melompat sambil mengangkat kedua tangan untuk menghalau bola. Teknik ini memang terlihat lebih mudah ketimbang yang lainnya, tetapi blocking tetap membutuhkan latihan agar pemain bisa menguasainya.

Itulah pembahasan mengenai permainan bola voli. Olahraga ini memang terlihat mudah, tetapi Anda akan membutuhkan latihan keras agar benar-benar bisa menguasainya. Tak hanya mempelajari teknik, kekuatan fisik juga harus dilatih agar bisa memainkan voli dengan baik.

YUK LIHAT KEGIATAN EKSKUL BOLA VOLI  = EKSKUL BOLA VOLI SERU !! - Irfani Quranicpreneur Bilingual School


This is a free demo result from the Wayback Machine Downloader. It is not a complete website.