Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, SMPIT - SMAIT Irfani Quranicpreneur Bilingual School

BRIDGE Australia Indonesia


BRIDGE Australia Indonesia

Penulis : Irfan Soleh


Program Kemitraan sekolah BRIDGE Australia Indonesia tahun 2024 telah melalui beberapa tahap, dari 1800-an sekolah dari seluruh indonesia yang mendaftar, SMPIT IRFANI QBS masuk kedalam 20 besar sekolah yang di visitasi dan nantinya akan dipilih 10 sekolah saja yang berhak menerima program kemitraan ini. seleksinya cukup ketat dan kami bersyukur sudah sampai tahap ini meskipun belum tentu lolos di 10 besar. apa yang dimaksud dengan BRIDGE ? apa tujuan kemitraan ini? manfaat apa yang bisa sekolah dapatkan dari program ini?

Australia-Indonesia BRIDGE School Partnerships program atau program kemitraan sekolah BRIDGE Australia-Indonesia adalah sebuah program kemitraan sekolah yang mempunya beberapa tujuan yaitu Pertama, membentuk kemitraan sekolah yang berkelanjutan dan komunitas pelajar international, mendukung peserta didik untuk berkolaborasi dalam sebuah proyek. Kedua, membangun kompetensi global dan membangun persahabatan jangka panjang dengan rekan-rekan mitra di Australia. Ketiga, membangun kemampuan para guru untuk mengembangkan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi peserta didik.

Tujuan keempat dari kemitraan ini adalah mendukung para guru untuk mengeksplorasi praktik pembelajaran baru dan penggunaan teknologi untuk menghubungkan pembelajaran dikelas dengan dunia. Kelima, mendukung hubungan antar individu antara Australia dan Indonesia. BRIDGE ternyata ada kepanjangannya yaitu Building Relationship through Intercultural Dialogue and Growing Enggagement, secara harfiah berarti membangun hubungan melalui dialog antar budaya dan menumbuhkan keterlibatan. Jadi salah satu manfaat program ini adalah adanya dialog antar budaya dan juga adanya enggagement antara stakeholder lembaga pendidikan di Indonesia dengan Australia.

Manfaat yang sekolah dapatkan dari program ini adalah peserta (guru dan sekolah) di Indonesia yang terpilih akan diberi dukungan berupa pelatihan pra keberangkatan (pre departure training) dan program pembelajaran profesional (PLP) baik secara virtual maupun tatap muka, peserta akan mendapatkan fasilitas kebutuhan logistik terkait kunjungan sekolah dan homestay selama dua minggu di Australia, termasuk didalamnya transportasi, akomodasi, kebutuhan tak terduga, dan dokumen perjalanan (visa, penggantian biaya pembuatan paspor dan asuransi perjalanan) dan peserta juga sekolah akan mendapat dukungan berkelanjutan terkait dengan pembelajaran profesional di Indonesia serta dukungan keterlibatan siswa dalam keberlanjutan kemitraan sekolah.

Ketika sekolah kami divisitasi, jujur kami sangat bahagia dan dalam acara penyambutan para siswa menampilkan seni tari dari berbagai daerah di Indonesia, sebenarnya banyak tampilan yang sifatnya memperlihatkan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia namun kami dibatasi waktu hanya 20 menit saja untuk acara penyambutan, para siswa sangat antusias mengikuti acara dan mendengarkan pemaparan baik dari pihak dinas pendidikan yang sangat mendukung acara ini maupun pemaparan dari pihak BRIDGE. apapun hasilnya nanti, kami tetap bersyukur bisa sampai ke titik ini, mudah-mudahan program ini bisa memotivasi semua pihak di SMPIT IQBS untuk terus meningkatkan skill bahasa inggris nya sehingga bilingual atmosfir bisa semakin meningkat, Mohon do'anya mudah-mudahan sekolah kami lulus, amin..


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, 12 Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar